Pilot Project ATI

Pada tanggal 16 Februari 2007, telah dilakukan serah terima proyek bantuan beberapa sponsor yang disalurkan melalui ATI kepada JASDAM Iskandar Muda – Banda Aceh untuk melengkapi sarana yang sudah ada di Lap Neusu milik JASDAM yang dapat diperuntukan bagi pengguna dan  masyarakat yang berolah raga di lapangan Neusu tersebut.

Kombinasi warna Orange dan hijau yang tampak dominant ditengah – tengah bangunan sekeliling  nya, memudahkan pengguna sarana tersebut untuk mencarinya.

 

Pilihan warna hijau atas saran dari  Bapak Let. Kol. Dadang yang saat ini menjabat sebagai Komandan JASDAM agar menyatu dengan warna hijau  pada banguna yang sudah ada  disekitarnya.

Sedangkan warna Orange dipilih atas saran bapak Betha yang saat ini menjabat Sebagai As Log.  JASDAM Iskandar Muda dengan pertimbangan agar mudah dilihat.

Dengan Biodigister system pada septic tank, gas yang dihasilkan oleh septic tank tersebut dapat dipakai Sebagai bahan bakar memasak pada kantin JASDAM sehingga mempunyai nilai tambah.

Dan air limbah septic tank ditreatment terlebih dahulu sebelum dibuang kesaluaran pembuangan terbuka sehingga tidak mencemari air tanah dan lingkungan sekitarnya. Treatment yang digunakan pada sistim ini adalah French drain system.

Dengan menggunakan sistim ini dijamin sampai dengan usia pakai 5 tahun tidak perlu menyedot septic tank yang mana sebelumnya penyedotan dilakukan hampir  2x dalam sebulan  karena tingginya penggunaan toilet di lapangan ini bila menggunakan sistim toilet yang lama ( konvensional )

Atas kerja sama beberapa Industri yang peduli pada masalah lingkungan   Pilot project  Neusu  pada akhirnya dapat dilaksanakan.


Industri yang berpartisipasi diantaranya :

  1. Cat Mowilex
  2. Surya Toto Indonesia
  3. Arwana keramik
  4. Rangka atap Blue Steel Australasia
  5. Atap Ardex, dinding Kalsiboard & Kalsiplank oleh Eternit Gresik
  6. Rentokil  Calmic Indonesia.
  7. Designer Asia Pasific atau APSDA  turut berpartisipasi melalui sumbangan dana melalui Asosiasi Toilet Indonesia agar proyek ini dapat terwujud.
Bangunan Toilet

Treatment Toilet NEUSU dalam proses pembuatan

 

Biodigister  treatment dng memanfaatkan gas yang dihasilkan oleh Septic Tank digunakan untuk memasak pada kantin  JASDAM

Sistim Biodigister  ini adalah sumbangan dari World Toilet Organization ( WTO ) 

Tentang ATI

Setelah terbentuknya World Toilet Organization, Indonesia diminta untuk membentuk sebuah organisasi yang secara resmi organisasi ini akan menjadi anggota dari World Toilet Organization.